Sabtu, 04 Maret 2017

HOAX!!!



Berita HOAX
Hy guys.. ketemu lagi nih ama aku. Hari ini aku mau memberi tahu beberapa berita hoax yang menggemparkan dunia. Mungkin ada beberapa yang sudah tahu, tapi aku bakal tetep post.. hehe maksa ceritanya.dan ini dia beberapa berita hoax yang berdar di dunia maya.
1)    Beredar Video Hoax Donald Trump Puji Kerumunan Jemaah di Kabah
Sebenarnya gambar asli yang tengah dikomentari oleh Trump adalah kerumunan orang di pelantikannya pada 20 Januari 2017 di Capitol Hill. Pada rekaman singkat itu, Trump tengah menunjuk ke arah kerumunan besar pendukung yang menghadiri inagurasinya yang diabadikan dalam foto. Namun dalam video palsu yang beredar, gambar yang terlihat adalah bangunan suci umat Muslim di Mekah.


2)    Foto Anak Suriah

Foto ini asli namun keterangannnya palsu. Foto ini hanyalah hasil karya seni seorang fotografer berusia 25 tahun asal Arab Saudi, Abdul Aziz Al-Utaibi, yang ingin menggambarkan sayangnya seorang anak kepada orang tuanya walaupun mereka sudah meninggal dan tidak ada hubung kaitnya sama sekali dengan krisis di Suriah.

Real
Fake














3)    UFO Melancong di Bali Selama Satu Jam

Pada 7 Juni 2011, Kompas.com memberitakan “UFO ‘Melancong’ ke Bali Selama Satu Jam”. Menurut saksi mata, benda itu terlihat seperti pesawat yang diam, tidak bergerak, hanya melayang di udara. Di bagian bawah pesawat ada banyak lampu yang menyala sangat terang, lihat foto di atas. Penampakan UFO itu berhasil diabadikan melalui kamera seluler.

Dengan cara sederhana, seorang blogger berhasil membuktikan bahwa foto itu bukanlah pesawat UFO. Dengan mengatur kontras foto tersebut, maka terlihatlah apa yang ada di foto itu sesungguhnya. Ya, foto itu terlihat seperti sebuah lanskap darat. Di atas tiga cahaya di tengah, kita bisa melihat bagian gelap bersisi rata yang terlihat seperti atap bangunan. Di bagian kiri bawah terlihat adanya garis putih mirip seperti yang ada pada jalan raya.










Dan itu lah beberapa contoh berita hoax, maka dari itu kita harus berhati-hati dalam membaca berita. Dan sekarang aku akan kasih tips-tips menghadapi berita hoax ya.

·         Hati-hati dengan judul provokatif
·         Cermati alamat situs
·         Periksa fakta
·         Cek keaslian foto
·         Ikut serta grup diskusi anti-hoax

Thank you

Sumber yang digunakan :
http://infoindotim.id/kenali-berita-hoax-kerap-beredar-di-dunia-maya/
http://global.liputan6.com/read/2870818/beredar-video-hoax-donald-trump-puji-kerumunan-jemaah-di-kakbah
http://banjarmasin.tribunnews.com/2016/12/28/inilah-foto-foto-hoax-yang-pernah-menggemparkan-dunia-berikut-foto-aslinya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar